Minggu, 24 Desember 2023

Ledakan PT IMIP Departemen Ferrosilicon yang Menelan Banyak Korban

Ledakan PT IMIP Departemen Ferrosilicon yang Menelan Banyak Korban


TirtaInfo.com, BANGGAI - Pihak Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) memberikan keterengan atas peristiwa ledakan yang bersal dari tungku smelter yang telah tejadi pada pabrik tanant-nya, tepatnya pada PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS).

Pada Minggu (24/12/2023) pukul 05.30 WITA, smelter pengolahan biji nikelyang berada di kawasan IMIP, Morowali, Sulawesi Tengah mengalami ledakan hingga menelan banyak koban yang mengalmi luka bakar.

Dugaan dari hasil investigasi awal penyebab ledakan yang telah menelan banyak korban, disebabkan oleh cairan pemicu ledakan yang terdapat dibawah tungku.

Awal mula terjadinya ledakan tersebut ketika para pekerja melakukan perbaikan dan pemasangan plat pada tungku. Saat proses perbaikan tungku sedangan dilakukan, maka tiba-tiba terjadi ledakan yang tidak dapat terhindar.

Apalagi terdapat banyak tabung oksigen yang digunakan untuk pengelasan dan pemotongan besi guna proses perbaikan tungku sehingga memperparah ledakan yang terjadi.

Para pekerja yang menjadi korban ledakan telah dibawa ke klinik 1 dan 2 PT Indonesia Morowali Industrial Park, Serta proses evakuasi dan pemadaman kebakaran berhasil diselesaikan pukul 09.10 WITA.

Dari kejadian ledakan smelter di kawan PT IMIP, jumlah keseluruan korban saat ini mencapau 51 orang, yang mencakup 12 orang korban jiwa, terdiri atas 7 orang warga negara Indonesia (WNI) dan 5 warga negara asing (WNA). Korban yang mengalami luka ringan maupun berat sebanyak 39 orang saat ini sedang menjalani perawatan medis.

"PT IMIP terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait guna melakukan investigasi kejadian ini, termasuk penanganan korban.PT IMIP akan menanggung seluruh biaya perawatan korban dan memenuhi hak dan kewajiban para korban ledakan", ujar manajemen PT IMIP.

Kemudian pihak manajemen PT IMIP masih melakukan koordinasi untuk penanganan krisis pada seuruh aspek, yang mencakup penyiagaan keamanan,keselamatan kerja karyawan, security, informasi publik serta klinik medis.
Latest
Next Post

0 komentar: